Rabu, 30 Desember 2009

GURU NGAJI........OH NASIBMU....?



ENGKAULAH PAHLAWAN TANPA TANDA JASA.........
Usai saya mengajar al-Quran di rumah hingga menjelang tidur malam, mata seakan tak bisa ditutup rapat. Teringat semua guru dan orang yang telah berjasa mengenalkan huruf hijaiyah dan cara membacanya. Sejak berusia 5 tahunan, orang tua telah mengantarkan saya mengaji di salah satu guru ngaji di kampung. Guru pertama itu telah lama meninggal dunia dan kini salah satu putranya mengaji kepada saya hingga hari ini. Seperti kebiasaan ngaji kampungan tempo dulu yang belum ada TPQ, TPA atau bahkan Madrasah Diniyah, saya pun sering pindah dari satu guru ke guru yang lain, kecuali selain abah saya yang selalu mengajari al-Quran tiap selesai shalat subuh.
Biasanya, saya mengaji ke kampung setelah waktu ashar hingga menjelang maghrib. Kenapa saya berpindah-pindah dari satu guru ke guru yang lain, hingga dalam ingatan saya memiliki 4 guru ngaji al-Quran di kampung sebelum saya mondok ke pesantren? Jawabannya, bukan karena saya punya masalah, benci, marah atau bosan. Akan tetapi, karena guru-guru saya itu tiap setelah menikah, lalu memiliki banyak anak, mereka tidak punya banyak waktu untuk mengajar sore atau malam hari. Atau, ada kesibukan lain di tempat kerja sehingga akhirnya pengajian yang biasanya digelar di rumah pribadinya lama-lama bubar.

Melihat hal ini bukan berarti guru-guru ngaji itu meninggalkan akherat demi duniawi, tapi karena faktor ekonomi dan keluarga memang merupakan amanah dan tanggungjawab yang harus tidak diabaikan. Hampir semua guru ngaji di kampung, mereka hidup pas-pasan. Mereka tidak pernah meminta SPP pada setiap murid yang ngaji ke rumahnya. Tidak seperti sistem Madrasah Diniyah atau TPQ saat ini yang telah dimenej lebih profesional dan ditangani oleh banyak guru, sehingga ada uang syahriyah yang dengan itu, guru TPQ digaji walaupun masih dalam jumlah minim. Tapi, guru-guru ngaji saya dulu tidak mau meminta uang sepersen pun!
Guru pertama saya itu berprofesi sebagai kuli bangunan. Guru kedua bekerja serabutan, biasanya jadi buruh menjahit baju, mengecat rumah tetangga, atau ngerombeng di jalanan pasar loak. Beliau kini telah wafat. Guru ketiga saya, beliau hafal al-Quran dan berjasa mengantarkan saya bisa ngaji hingga khatam. Saat itu guru saya masih pengangguran pasca boyong dari pesantren sehingga ia sangat fokus dalam mengajar. Mulai sore hingga malam hari rumahnya tak pernah sepi dari aktivitas belajar-mengajar. Setelah menikah, beliau terpaksa harus sering ke rumah mertuanya di luar kampung dan bekerja sebagai kuli jahit pakaian. Guru terakhir saya sebelum mondok, saat itu usianya sekitar 60 tahunan. Seorang kiai kampung yang ekonominya hanya bergantung pada toko mungil di rumahnya dan pembelinya ya anak-anak kecil yang ngaji di sana. Beliau tutup usia pada umur 90 tahunan.
Mengingat profil mereka yang hidup pas-pasan dan anak-anak yang ditinggalkannya pun hidup dibawah garis kemiskinan, tak kuasa mata ini melelahkan air mata. Orang-orang yang ikhlas mengenalkan kalam ilahi, di tengah perkampungan kota, tidak meminta bayaran seperpun, di mata saya merekalah pejuang. Jika kini saya bisa membaca al-Quran, sedikit mengerti terjemahannya, bahkan mampu menghatamkan dan melagukan bacaan al-Quran dengan tartil, itu adalah hasil perjuangan guru ngaji di kampung yang dulu mereka keras, tegas, terkadang membentak, menghukum bahkan memukul jari-jari tangan dengan tongkat kayu agar lidah saya tidak kaku dalam melafalkan firman Allah yang teramat mulia.
Tapi, guru-guru ngaji di kampung, dari dulu hingga kini, hidupnya tetap pas-pasan. Kerjanya serabutan. Pendidikan anak-anaknya yang biasa banyak, juga tidak sampai terus hingga ke bangku kuliah. Bahkan, untuk sekedar memondokkan anaknya saja, para guru itu tidak mampu membiayai. Begitu kasihan nasib guru ngaji di kampung. Bukan hanya di tempat saya, tapi saya pun melihatnya di berbagai tempat. Sang guru itu tidak mampu mencetak anaknya sendiri menjadi manusia hebat seperti dirinya karena secara ekonomi ia mengangkat tangan jika anaknya harus mondok apalagi kuliah di kampus yang biaya selangit. Sang guru itu menutup mata setelah mengantarkan anak-anak orang lain sukses hingga tidak sempat mempedulikan nasib keluarga dan anak sendiri. Para guru itu tampak lebih puas setelah para muridnya menjadi tokoh besar, pejabat, anggota DPR, pengasuh pesantren, advokat, wartawan, dosen, atau apapun saja, sekalipun setelah sukses guru ngaji itu pun terlupakan. Padahal, Ali bin Abu Tholib –kunci ilmu madinah Rasul– pernah mengatakan: Aku adalah budak dari siapapun yang mengajariku walau hanya satu huruf. Secara tekstual, ucapan ini lebih tepat kepada guru ngaji di kampung sebagai perintis dalam mengenalkan a-i-u ba’.
Tanpa pernyataan jujur dan sikap mulia untuk prihatin seperti yang dikemukakan Sayyidina Ali tersebut, lalu siapa lagi yang akan peduli dengan nasib guru ngaji….?

Fa’tabiruu Ya…Ulil Albab…!!. (Sumber : http://taufiqurrochman.wordpress.com)

Minggu, 20 Desember 2009

BERITA KITA

FOTTO KEGIATAN GURU TPQ SE-KECAMATAN SAGULUNG




JAJARAN PENGURUS BMG TPQ KECAMATAN SAGULUNG




Silaturahmi Guru TPQ se-Kec,Sagulung, 20 Desember 2010


BMG TPQ News,Kegiatan Pertemuan Silaturahmi Guru TPQ  Se-Kec.Sagulung ini diadakan dalam rangka Memperingati Tahun baru Islam 1Muharam 1431Hijriyah, Alhamdulillah dapat kami laporkan dari  total jumlah guru TPQ yang ada di Kec Sagulung  yang totalnya -+ 525 orang 80% dari mereka hadir dalam acara ini, Hal ini menunjukkan adanya itikat dan niat yang baik diantara Guru TPQ yang ada di kecamatan Sagulung untuk menjalin silaturrahmi,dalam pertemuan yand dihadiri Oleh Ketua BMG TPQ Kec.Sagulung Ust.Anhari Basya Lc, Bp.Deden Sirajuddin(Sekretaris BMG TPQ Kota Batam),Bp.Syukri Ilyas S.Ag(Dari DEPAG Kota Batam),dan Juga Bp.Drs.Risman(SEKCAM SAGULUNG).Ketua RW,Imam Masjid dan juga para tokoh masyarakat Perum Cipta Asri yang ketempatan sebagai tuan rumah dalam acara tersebut.

Rangkaian Acara ini diawali dengan Mc.Oleh Bp.Karnaudin S.Ag yang jago Pantun.Beliau adalah Ketua Koordinator BMG TPQ Kel.Sei Pelunggut, dilanjutkan Pembacaan Ayat Suci al-Qur'an.Kemudian Laporan Ketua Panitia Oleh Bp.Salman Al-Farisi,Sambutan Ketua Bmg TPQ Kec.Sagulung Ust.Anhari Basya Lc.
"Acara ini adalah acara tahunan yang telah menjadi Acara Tetap BMG Kec.Sagulung, disamping acara-acara yang lain semisal Wisuda Masal santri Se-Kecamatan, Pelatihan-Pelatihan dll,selain itu Harapan Kami kepada Para Guru TPQ Se-Kec Sagulung untuk terus meningkatkan kwalitas dalam belajar dan mengajar.Alhamdulillah Kecamatan Kita ini mewakili mewakili KEPRI dalam acara FASI(Festifal Anak Sholeh Indonesia) yang diadakan di Jakarta. Lain daripada itu Untuk kelengkapan Administrasi Semua TPQ yang ada untuk membuat PAPAN NAMA TPQ yang berisi Nama TPQ,No Reg dan Alamat lengkap.ditambah lagi penyerahan Laporan TRIWULAN TPQ jangan sampai melebihi tanggal 10 pada tiap bulan MARET,JUNI,SEP dan DESEMBER.yang kesemuanya nanti akan dikoordinir oleh Koordinator Kelurahan masingmasing".Demikian diantara Sambutan Beliau.
Berkenan juga memberikan Sambutan dalam acara tersebut adalah Bp.Deden Sirajudin Sekretaris BMG TPQ Kota Batam :   
"Bapak dan Ibu Adalah Pejuang Tanpa Pamrih untuk mendidik putra/i Islam mengenal Al-Qur'an.kenapa demikian karena kami tahu gaji dan perjuangan Para Guru TPQ tidaklah seimbang.Maka kami sebut dengan PGA (Pegawai Gaji Ahirat).Namun Kami yakin dan berbesar Hati Bahwa bukan semata-mata materi yang jadi ukuran perjuangan Para GuruTpq,Kalau bukan kita, lalu siapa lagi? ".Pak Deden menjelaskan.Demikian sebagian kecil dari sambutan yang beliau sampaikan dalam acara  tsb. Beliau juga memotifasi kepada Para guru TPQ bahwa apapun dan bagaimanapun keadaan TPQ dalam berbagai macam Cobaan dalam mengabdi Ihlas sebagai Guru TPQ. Mari kita utamakan anak-anak kita.Agar mereka menjadi generasi harapan bangsa.


Ikut juga memberian sambutan adalah beliau bapak Syukri Ilyas. Beliau mengatakan : "Mengenai Insentif guru TPQ kota batam, Insyaallah akan cair pada ahir minggu bulan Desember ini,bapak/ibu tak usah hawatir hal ini Sudah kami sampaikan ke pihak KEPRI, yang penting lagi semangat mengajarnya jangan kendor Gara-Gara insentifnya yang sering Molor. Untuk tahun 2010 ini sudah berjalan Validasi/Pendataan Guru TPQ calon penerima Insentif. ya.. harapan kami data yang bapaklibu berikan adalah data yang riil sesuai yg ada dilapangan.berapa jumlah Guru dan berapa Jumlah Santrinya. Sebab data ini penting bagi kami untuk mengetahui Data yang sesungguhnya agar tidak ada lagi cerita Guru TPQ yang mengajar tak Dapat Insentif. Dari semua kecamatan yang ada dibatam ini tercatat ada 3.525 Guru penerima Insentif, yang dikurangi +- 300an orang adalah mereka yg mengajar Sekolah mingguan(Nasrani). kemudian 111 orang adalah pengajar MDA. Nah sisanya itu adalah Guru TPQ .Total anggaran yang dikeluarkan mencapai 3 milyar dan semualangsung masuk ke rekning ibu/bapak semua. Tak ada mampir kedepag kayak dulu sebelum saya.Saya akan perjuangkan untuk semuanya karena keberadaan kami ini adalah sebagai Wasilah jalan perantara dan jembatan tentang segala permasalahan dan sesuatu apapun mengenai TPQ.

Ditutup dengan Ceramah yang disampaikan Oleh beliau Al-Ustadz H.Luqman Rifai S.Ag. yang menyampaikan tentang sejarah awalmulanya Kalender Hiriyah.       
Dengan Khidmat para peserta mendengarkan materi ceramah agama itu." Ooo..ternyata begitu ya sejarah asal muasal adanya kalender Islam Hijriyah, saya baru tahu" Kata salah satu peserta pada usi acara. Berarti "Ahirnya Tahu Juga" celetuk peserta Lainya. Kemudian seluruh rangkaian acara di ahiri dengan Do'a. 




Berikut Adalah Foto dalam Kegiatan Tersebut :



Sebagian peserta hidmad mendengarkan pengarahan-pengarahan 



sebagian Bapak Tamu Undangan dalam Acara tersebut



PENAMPILAN GROUP REBANA ANAK TPQ

Sabtu, 12 Desember 2009

Free Download Quran Digital

Untuk Ikhwan/akhwat yang mencari Aplikasi Alqur'an PC, mungkin ini bisa dijadikan pertimbangan. Eit..ingat jangan buru-buru pamit setelah download Simak informasi TPQ disini......!


Situs ini akan membantu anda tuk baca dan Menterjemahkan Al Qur'an karena dilengkapi terjemah berbagai bahasa serta audionya.

http://www.quranexplorer.com/quran/

Sedangkan kalo mo cari aplikasi Al-Qur'an dan Al-Hadits tuk diunduh/donlot, silahkan klik link dibawah ini:

http://nirwanalife.multiply.com/journal/item/53/Al_Hadits

http://nirwanalife.multiply.com/journal/item/52/Al-Quran_tuk_MS_Word_translate_to_English

http://nirwanalife.multiply.com/journal/item/51/Al-Quran_tuk_menu_MS_Word_bahasa_Indonesia

http://nirwanalife.multiply.com/journal/item/50

Sedang, biar ada kumandang Adzan dari komputer anda, bisa donlot disini :

http://nirwanalife.multiply.com/journal/item/66/Shollu_-_Kumandang_Adzan_di_Komputer_anda



Semoga Rahmat dan Hidayah dari Allah SWT bersama kita dan keluarga. Amin.

Kamis, 10 Desember 2009

ALBUM KITA





Foto Kegiatan BMG Kec. Sagulung dalam Acara Wisuda Masal Santri TPQ se-Kecamatan Sagulung Kota Batam

Rabu, 09 Desember 2009

PROFIL TPQ NURUL HAQ

TPQ NURUL HAQ

Yah adalah Sebuah nama yang sudah tak asing lagi terdengar di kalangan masyarakat Kel.Sagulung Kota
khsusnya. Karena TPQ NURUL HAQ ini beralamat di Perum Fortuna Raya II kel. Sagulung Kota Kec. Sagulung. TPQ Ini selalu istiqamah memberikan pelajaran Agama Islam terutama dalam bidang baca tulis Al-Qur'an ditengah-tengah hiruk pikuk dan kemoderenan kota batam. "Kami akan berusaha memberikan yang terbaik untuk anak-anak didik kami, harapan saya bekal Agama yang kami berikan kepada para santri akan dapat menjadikan benteng pertahanan bagi mereka kelak ketika dewasa, kami menyadari dengan segala keterbatasan kami toh demikian kami tekankan pada para Ustad/dzah yang mengajar untuk tidak patah semangat, dengan kesungguhan agar hasilnya memuaskan" Kata Ust.Akh.Anas Mubarok yang menjadi Gawang dalam struktur Kepengurusan TPQ tersebut. Sehari-hari para santri didik dengan Hati dan Kasih Sayang dengan Perpaduan Metode Iqra' dan Qiroati menjadi santapan harian para santri, Didikan Dhuha pun juga ktif dilakukan dengan harapan Santri agar terbiasa Tampil sehingga tidak akan merasa canggung jika ada efent/moment-moment Acara Islami tertentu, Extra kulikuler yang biasa kita dengar di sekolah umum pun juga diterapkan disana yakni Seni Hadrah/kompang, Hiwarah/Hithobiyah, Tadabur alam, juga sesekali Refeshing untuk menyegarkan fikir tiap akhir semester. "Kami juga mulai kenalkan Fiqih, Bahasa arab (Muhawarah),Hadits untuk anak santri yang sudah Kelas Al-Quran dengan harapan mereka akan mengerti dengan ilmu-ilmu yang harus mereka pelajari dalam menuju kesempurnaan Syariat Islam" Kata Ust.Anas mengahiri pembicaraan.

(Anda pingin TPA/Q anda diposting disini? Kirim Profil TPQ anda lewat E-Mail kami : bmg_sagulungkota@yahoo.com/anasmubarok@ymail.com/abuniam.mubarok@gmail.com. Buruan Mumpung Gratis Sampai bulan Januari 2010).

VALIDASI DATA INSENTIF BAGI GURU TPQ BATAM


Kami Informasikan Kepada Semua Guru TPQ di Batam khususnya Bahwa pendataan Guru Calon Penerima Insentif Tahun 2010 telah dimulai, Pastikan Data yang anda Lampirkan Sudah Benar. Diantara data yang harus terlampir adalah Sbb:
1.Nama
2.Tempat Tanggal Lahir
3.Pendidikan Terahir
4.Tempat bertugas/Mengajar
5.Sertifikasi Guru (yang pernah di ikuti)
6.No Rekening BSM (Bagi yang sudah punya)
7.Insentif (Terangkan Sudah/belum)
8.Keterangan (Jumlah Santri yang aktif)
9.Data Paling Ahir kami terima tgl 15 Desember 2009 (Hub Koordinator Kelurahan Masing-masing. (Sglg Kota: Akh.Anas Mubarok,Sei Langkai : Salman Alfarisi,Sei Lekop : Ifnul Riyadi,Sei Binti : Sudirman,Sei Plunggut : Karnaudin,Tembesi : Amar ma'ruf/Eyang Suro)
Dalam Rapat Pengurus Badan Musyawarah Guru(BMG TPQ) Kecamatan Sagulung Yang di Gawangi Oleh Beliau Ust.Anhari Basya Beliau menyampaikan beberapa hal diantaranya :
1. Penerima Insntif Akan di saring dengan perbandingan Santri 15:1
2. Laporan Triwulanan TPA (Bagi TPA/Q yang sampai Saat ini Kop Suranya masih memakai Nama TPA Agar diseragamkan memakai Kop "Taman Pendidikan Al-Quran(TPQ)"
4. Undangan : Bahwa Pengurus BMG Kecamatan akan mengadakan acara Silaturrahmi Guru TPQ Se Kecamatan Sagulung yang insyaallah akan dilaksanakan pada tanggal Ahad, 20 Desember 2009 bertempat di Masjid MuhtarulArifin Perum Cipta Asri Barelang.
5. Untuk Membantu Biaya Pada acara tersebut Masing2 TPQ di mohon untuk memberikan Bantuan Infaq Sebesar Rp.50.000,-
6. Mohon Untuk Dapat Hadir Karena Pentingnya acara tersebut
7. Hal yang belum jelas dapat Coment disini. atau kirim Via E-Mail : anasmubarok@ymail.com/abuniam.mubarok@gmail.com/bmg_sagulungkota@yahoo.com
Syukron Ila Liqaa'

"BERANILAH BERMIMPI"


Ayo Gabung, Insyaallah Untung....!

Anda Guru TPA/Q dimanapun berada Khususnya di kota Batam, Sering kali diantara kita terutama rekan-rekan Guru TPQ yang BMGnya kurang aktif sehingga sering mengalami masalah, Apakah itu Anda? apakah anda selalu ketinggalan informasi penting mengenai TPQ? sehingga ini menjadikan ketidak harmonisan dan kesenjangan diantara kita. Contohnya jika ada Pelatihan-pelatihan,sertifikasi,Diklat,Lomba MTQ,Pekan Anak Sholeh dll. Informasi ini harus sampai kepada Para Guru TPQ di Batam ini, Nah kami mencoba memberanikan diri membuat blog BMG yg dengan maksud ingin menjembatani segala sesuatu yang dibutuhkan oleh Para Guru TPQ. Kami yakin Blog ini tiada berarti apa-apa tanpa dukungan anda semua. Meskipun masih sangat sederhana sekali dan masuh jauh dari kesempurnaan kami akan berusaha terus memperbaiki demi kesempurnaan Blog ini dari Waktu kewaktu. Kami ini adalah pengurus BMG Kecamatan Sagulung beserta semua Koordinator kelurahan di kecamatan kami akan berusaha menyampaikan semua Informasi yang kami ketahui dan kami dapatkan darimanapun sumbernya tentu yang dapat dipertanggung jawabkan tentang urusan TPQ . Besar harapan kami respon positif dari rekan-rekan sesama Guru TPQ untuk kemaslahatan kita bersama. Anda boleh mengirim Artikel, berita atau informasi apa saja yang bermanfaat bagi sesama. (Makalah/Artikel yang masuk otomatis menjadi hak Blog dan boleh kami beritakan tanpa persetujuan terlebih dahulu. Kami berhak mengedit,menambah atau mengurangi artikel/makalah sesuai dengan kebutuhan. Artikel yang bersifat menghina,merendahkan,menghasut dan menyerang Golongan lain tidak akan kami tampilkan. Isi artikel/makalah adalah diluar tanggung jawab blog ini. Mari Kawan Siapkan Tulisan Emas anda berbagi manfaat dengan sesama agar hidup kita mulia disisi-Nya. Amin

(Kirim artikel anda ke>> bmg_sagulungkota@yahoo.com/anasmubarok@ymail.com/abuniam.mubarok@gmail.com)

Loading...